Sabtu, 29 Juni 2013

Taman Akuarium Air Tawar



Taman Akuarium Air Tawar


Dibangun sejak tahun 1992 dan diresmikan pada tanggal 20 april 1994 .

Taman Akuarium ini merupakan taman biota air tawar terbesar dan terlengkap ke dua di dunia serta  terbesar di asia.  Menyimpan 6.000 ekor 126 spesies , terdiri atas beragam jenis, baik dari berbagai perairan indonesia maupun belahan dunia lain, meliputi tanaman air, reptilia, crustacea, dan ikan. taman akuarium ini dilengkapi museum, perpustakaan, auditorium, akuarium nusantara, pojok reptilia, lorong gurame, dan ruang karantina yang dibangun di bagian belakang untuk pengembangbiakan koleksi dan menampung hasil dari petani yang dapat diperjualbelikan kepadfa pengunjung, masyarakat umum, penampung ikan, dan eksportir. taman akuarium juga membuka kesempatan bagi para mahasiswa dan masyarakat umum untuk melakukan penelitiandan observasi berkait dengan pengembangan ilmu pengetahuan dan peluang bisnis ikan hias. Beberapa koleksi istimewa yang berasal dari air tawar asli indonesia antara lain arwana /siluk (scleropages formosus), hiu gergaji (pristis microdon), tapah (wallago leerii), ikan sumpit, ikan buntal yang dapat menggelembung seperti balon, dan lain-lain. Selain itu, terdapat juga koleksi jenis ikan tamu yang mempesona antara lain arapaima (arapaima gigas), piranha (serrasaimus) dari sungai Amazon di amertika, ikan buta, ikan kupu-kupu, ikan chinese high fin (myxocyprinus asiaticus asiaticus) dari sungai yangtze-cina, serta kelompok ikan kecil guppy, molly, dan platy.

Ikan-ikan koi selalu mendekati orang yang mendekat kolam,karena mereka pikir setiap orang akan memberikan makanan seperti halnya petugas yang memberikan makan untuk mereka. Sungguh menyenangkan melihat ikan-ikan datang menghampiriku.


Conserving Indonesia’s biodiversity reflects the love for our country for the sake of future generations. Salah satu kutipan yang terdapat dimusium ini yang memiliki arti melestarikan keanekaragaman hayati alam asli Indonesia berarti mencintai tanah air demi generasi mendatang.

Selamat mencoba dan semoga dengan kalian melihat kekayaan air yang Indonesia miliki, semoga kita dapat melestarikan dan merawat kekayaan air yang Indonesia miliki. Terimakasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar