Sabtu, 29 Juni 2013

Sarmag



Sarmag

Program Beasiswa SarMag Universitas Gunadarma
Program Beasiswa SarMag adalah beasiswa yang diperuntukkan bagi mahasiswa/i yang menempuh jenjang perkuliahannya di Universitas Gunadarma. SarMag merupakan singkatan dari Sarjana Magister, merupakan program beasiswa percepatan, yakni seorang mahasiswa/i bisa mendapatkan gelar S1 dan S2 dalam kurun waktu 4 tahun, menjalani masa perkuliahan S1 dengan menempuh materi S1 dan S2. Biasanya penyeleksian peserta program beasiswa ini dilakukan sebelum memasuki awal perkuliahan semester 3.

Bagi mahasiswa/i yang memenuhi kriteria, akan menerima telepon / sms dari Universitas Gunadarma yang berisikan informasi mengenai briefing program SarMag. Pada briefing pertama akan dijelaskan mengenai program SarMag dan penjadwalan test seleksi masuk. Untuk dapat menjadi salah satu calon peserta program SarMag, seorang mahasiswa/i harus memiliki IPK minimal 3,5. Tetapi ketetapan batas IPK minimal tidak selalu menjadi 3,5, ini tergantung pada besarnya rata-rata IPK di jurusan masing-masing. Dalam penyeleksian terdapat 2 test yang harus dilalui, yaitu test TOEFL dan test wawancara.

Pada test TOEFL nilai yang diminta adalah minimal 500. Test wawancara biasanya menggunakan Bahasa Indonesia, sedangkan untuk Sastra Inggris akan menggunakan bahasa Inggris. Namun berdasarkan pengalaman yang pernah saya alami, saya diwawancara dengan menggunakan bahasa Inggris. Bingung harus menjawab apa, karena pada dasarnya bahasa Inggris saya memanglah bisa dikatakan buruk. Namun apa daya, saya menjawab sebisa saya. Adapun pertanyaan yang diajukan biasanya mengenai dirimu dan seputar jurusanmu. Pengumuman hasil seleksi biasanya keluar 2 minggu setelah ujian. Lalu kalian akan diberitahukan mengenai briefing selanjutnya, penyerahan surat pernyataan persetujuan menerima program SarMag. Sebaiknya dipertimbangkan dan diskusikan terlebih dahulu sebelum menyerahkan surat persetujuan ke pihak Universitas, karena jika sudah menerima kita tidak dapat berhenti di tengah jalan selama masa perkuliahan.

Peserta program SarMag memiliki kesempatan untuk menjalani perkuliahan di luar negeri di universitas/lembaga/institut yang berkerja sama dengan Universitas Gunadarma. Biasanya kesempatan ini diberikan pada saat menempuh perkuliah S2. Tetapi tidak semua mahasiswa/i bisa mendapatkan kesempatan ini, karena akan di adakan penyeleksian terlebih dahulu.

Yang harus diingat adalah menjadi mahasiswa SarMag berarti bahwa kamu siap untuk meninggalkan zona nyamanmu dan beralih ke zona “perjuangan”. Mahasiswa SarMag memiliki waktu belajar yang bisa dibilang lebih lama dari pada kelas regular, tetapi dalam 1 hari hanya ada 1 mata kuliah. Dikampus Simatupang biasanya kita akan sering mengakses internet dalam proses pembelajaran, oleh karena itu di kampus disediakan fasilitas wi-fi.

Lokasi Kampus :
Jl. Letjen T.B Simatupang Kav 28 Jakarta Selatan Telp. (021) 7801923

Cara ke kampus Simatupang dari kampus Depok (D) :
Naik angkot “04”, turun di kolong jalan tol. Lanjut, naik angkot “M17”, turun di Jembatan Graha Simatupang. Disebelah kanan, as you can see sebuah gedung berdiri dengan gagahnya menanti setiap mahasiswa/i SarMag.

Mungkin dari anda sebagai mahasiswa gunadarma banyak atau ada yang belum mengetahui tentang keberadaan beasiswa sarmag. Sesuai dengan namanya sarmag itu merupakan kependekan dari sarjana magister, loh apa maksudnya? Sarmag adalah program kelas internasional pada universitas gunadarma yang meluluskan mahasiswanya sebagai sarjana S1 dan S2 sekaligus dalam 4 tahun dimana 3 tahun untuk program S1 dan 1 tahun untuk program S2. Progran sarmag ini sendiri sudah ada sejak tahun ajaran 2007/2008

Biaya untuk program sarmag sendiri sebenarnya berkisar antara Rp. 97.600.000,- sangat mahal bukan? Tapi tenang dulu, bila melalui jalur beasiswa kita hanya akan dikenakan biaya tambahan sekitar Rp. 10.000.000 saja dengan tetap membayar biaya semester sama dengan harga kelas reguler (di kampus D / J)

apa keuntungannya:
·         Kita dalam waktu 4 tahun telah mendapat 2 gelar sekaligus.
·         Biaya yang dikeluarkan sangatlah murah dibanding biaya regulernya.
·         Dari uang Rp. 10.000.000 yang kita bayarkan semuanya akan balik lagi ke kita kok, kita akan dapet LAPTOP, free ! 3 kursus yang biayanya juga mahal (salah satunya cisco yg untuk biaya tes nya aja skitar 3jt untuk anak IT) selain dapet kursus nya anda juga dapet bimbingannya, segala seminar, ruangan belajar yang asik dan berteknologi canggih, wifi yang cepet, dll nya masih banyak lagi.
·         Keadaan belajar yang kondusif per kelasnya, seperti angkatan 2009 -->> accounting 10 orang, electronic engineering 16 orang, IT 12 orang.
·         Staff pengajar (dosen) yang tidak sembarangan, rata-rata memiliki gelar Doktoral dan Prof. , kadang kala ada dosen tamu dari luar negeri yang mengajar.
·         Tidak usah pusing mengenai KRS dan lainnya karena sudah ada yang mengatur dan mengurusnya.
·         Jika kita terpilih kembali, kita akan berkesempatan untuk menjadi peserta pertukaran pelajar yang akan diberangkatkan oleh Universitas Gunadarma ke Universite de Bourgogne, Dijon, France.

Jurusan yang ada di kelas sarmag awalnya hanya ada 3 yaitu sarmag accounting, sarmag teknik informatika dan sarmag elektronika, namun seiring berjalannya waktu, hingga tahun 2009 sekarang kelas sarmag menambah 3 jurusan lagi yaitu jurusan sastra inggris, psikologi dan teknik mesin. 

Namun sebelum anda yakin untuk memilih sarmag, alangkah baiknya untuk dirundingan dengan orangtua. Karena bagi saya, sarmag bisa membuat seseorang galau untuk ikut serta atau tidak, maklum tidak semua anak terlahir dengan keadaan keuangan yang baik. Begitupula dengan saya, saya telah diumumkan lolos dari seleksi sarmag namun karena biaya akhirnya saya memutuskan untuk menolak rejeki yang luar biasa tersebut. Memang sangat disayangkan sekali, namun nasib berkata lain, jika itu adalah rejeki untuk saya, suatu saat saya akan merasakan S2 dikemudian hari.

Selamat berjuang untuk mendapatkan beasiswa ini dan semoga berhasil teman Universitas Gunadarma, semangatlah kamu untuk membahagiakan orangtua dengan prestasi yang baik. Semangat!

10 komentar:

  1. kak aku juga mahasiswi gunadarma tapi dari jurusan manajemen kira kira bisa ikutan sarmag juga ngga kak ? makasi :)

    BalasHapus
  2. klo pas angkatan aku sih jurusan manajement blm ada sarmag..jd yg dpt itu baru akuntansinya..untuk thn skrng ga tw ada apa ngga..ya berdoa aja ada..ipk usahain tinggi,jd klo ada sarmag untuk manajement kamu bisa di panggil..

    BalasHapus
  3. Yah kakkk sedih banget :'( aku pengen banget kak masuk sarmag tapi suka gak pede kalo denger ada tes wawancara nya, apalagi in english aduhhh :'(

    BalasHapus
  4. jgn dibikin sedih, pasti banyak hikmahnya ko..belajar buat percaya diri ya, klo rejeki pasti ada jalan ko..maaf baru bales ya

    BalasHapus
  5. kak kalo mau cari info beasiswa s2 diluar negeri dr gunadarma gmn caranya kk

    BalasHapus
  6. Kak kan skg saya memasuki awal semester 2, klo mau ikut sarmag gmn caranya ?

    BalasHapus
  7. Syarat yg harus di persiapkan awal awal itu apa ya ka

    BalasHapus
  8. Kaka keren , semoga kesuksesan selalu mengelilingi kaka aamiin

    BalasHapus
  9. 97juta tuh, sama kelas reguler atau uang utk magisternya saja?

    BalasHapus
  10. Kak, kalo menejemen ada sarmag gk?

    BalasHapus