Sabtu, 29 Juni 2013

Setu Babakan



SETU BABAKAN
Kampung Betawi Setu Babakan  berada di Srengseng Sawah Kecamatan Jagakarsa ini. Saat melintasi jalanan kampung yang sudah dilapisi paving block dengan pemandangan beberapa rumah khas betawi di kanan kiri jalan, hingga akhirnya jalan ini berakhir di pinggir Setu Babakan.


Saat itu kondisi di Setu Babakan memang cukup mendung, sehingga keadaan di sekitar Setu Babakan cukup lengang. Meskipun demikian masih ada beberapa pengunjung serta pedagang yang menjual makanan dan minuman. Beberapa pedagang makanan yang menjual makanan khas Betawi, seperti kerak telur, laksa, hingga bir plethok. Karena lokasi situ babakan ini dekat dengan pemukiman masyarakat betawi, sampai banyak anak-anak berkeliaran bermain disekitar sini.

 Ya mereka anak-anak kecil ini banyak yang berenang di setu babakan untuk mencari ikan, namun setu babakan ini sudah tercemar akan sampah. Tidak baik bagi mereka jika berenang di setu babakan yang kotor ini. Mungkin karena mereka sudah terbiasa sehingga tidak berdampak apapun untuk mereka. Ada juga orang-orang yang memancing di lokasi setu babakan ini, walaupun jarang sekali ikan disini tapi mereka tetap memancing. Selain itu jg ada permainan bebek-bebekan di setu babakan ini, sehingga kita bisa berkeliling setu dengan bebek ini.


Kalau dahulu, jalanan di pinggir setu babakan ini masih berupa tanah, tapi kalau sekarang sudah lebih baik jadi jika hujan tidak becek ataupun belok dengan tanah-tanah yang menempel di sendal ataupun sepatu. Dan sekarang sudah diperbaiki seperti diberikan pagar disekitar setu babakan ini, kalau dulu masih terbuka tidak dipagari dan masih seperti kebun.
Banyak jajanan dan makanan yang berjualan disekitar setu babakan ini, saya dan teman-teman saya jajan es potong yang murah. Hahahahaha. Setidaknya jika kita ingin berlibur bersama teman-teman dan disaat itu kita tidak mempunyai banyak dana untuk berlibur, kita bisa mencoba ke setu babakan ini. Tidak mahal dan seru jika kita bersama-sama. Selamat mencoba ya teman.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar