MICROSOFT EXCEL – MENU EDIT
Microsoft Excel merupakan
program dari Microsoft Office yang dikhususkan untuk pengolahan lembar kerja
(worksheet) atau biasa dikenal dengan istilah spreadsheet program. Microsoft Excel adalah General Purpose
Electronic Spreadsheet yang bekerja dibawah Sistem Operasi Windows. Microsoft
Excel dapat digunakan untuk menghitung angka-angka, bekerja dengan daftar data,
dan menganalisa data-data serta mempresentasikannya ke dalam bentuk grafik/diagram.
Program pengolah
kata Microsoft Excel memiliki Sembilan menu yang terdapat bar
atau baris menu. Kesembilan menu itu: File, Edit, View, Insert, Format, Tools, Data, Window, dan
Help.
Masing-masing menu memiliki submenu perintah yang masing-masing sub perintah
tersebut memiliki fungsi tersendiri.
·
Menu Edit
Ø Undo AutoFormat (Ctrl+Z)
Digunakan
untuk membatalkan perintah yang terakhir dilakukan atau mengembalikan keadaan
seperti semula sebelum di rubah.
Ø Repeat Typing (Ctrl+Y)
Digunakan
untuk mengulangi perintah terakhir yang pernah dibatalkan dengan perintah undo.
Ø Cut (Ctrl+X)
Digunakan
untuk memotong sebagian atau seluruh data (nilai, rumus, hyperlink, komentar)
dalam range atau sel lain didalam satu lembar kerja atau antar lembar kerja
Ø Copy (Ctrl+C)
Digunakan
untuk menyalin (copy) data (nilai, rumus, komentar, hyperlink) dari satu rang
atau sel ke rang atau sel lain di dalam satu lembar kerja atau antar lembar
kerja.
Ø Paste (Ctrl+V)
Fasilitas
ini digunakan untuk mendukung perintah Cut dan Copy data yang ada di lembar
kerja.
Ø Paste Special
Fasilitas
ini juga digunakan untuk mendukung
perintah Cut dan Copy data yang ada di lembar kerja.
Ø Paste as Hyperlink
Fasilitas
ini digunakan untuk mendukung perintah Cut dan Copy terhadap hyperlink pada
lembar kerja atau data yang digunakan sebagai hyperlink.
Ø Fill
Digunakan
untuk mengisi data pada sel atau range di lembar kerja ke bawah, atas, kanan,
kiri, antara satu sheet ke sheet lain dan mengurukan data dengan cepat.
Ø Clear
Digunakan
untuk membersihkan atau menhapus semua data (All), format data (formats),
komentar (comments) dan isi data (contents) yang ada di lembar kerja.Delete,
Menhapus data atau memindahkan data pada lembar kerja (sel, range, kolom, dan
baris).
Ø Delete Sheet
Fasilitas
ini digunakan untuk menghapus sheet pada
lembar kerja anda.
Ø Move or Cop Sheet
Digunakan
untuk memindahkan atau menyalin sheet pada lembar kerja atau antar lembar
kerja.
Ø Find (Ctrl+F)
Fasilitas
ini digunakan untuk mencari data nilai, rumus atau formula, dan komentar pada
lembar kerja.
Ø Replace (Ctrl+H)
Fasilitas
ini digunakan untuk mengganti data pada lembar kerja menjadi data baru.
Ø Go To (Ctrl+G)
Digunakan
untuk memindahkan letak sel aktif ke sel lain, komentar, rumus, konstanta dan
yang lainnya.
Ø Links
Digunakan
untuk menampilkan atau mengubah setiap link yang ada di file aktifyang mencakup
nama dan tempat file sumber, data dan tipe.
Ø Object
Digunakan
untuk mengedit object yang berasal dari insert yang berhubungan dengan Link
(Object, ClipArt) dan lain-lain.
·
Penjelasan Menu Edit pada
Microsoft Excel 2007
Icon Menu
Control
Ikon menu kontrol Microsoft Excel 2007 sangat berbeda
dengan Microsoft Excel 2003 yang hanya berisi intruksi-intruksi untuk mengubah
posisi jendela. Dalam Microsoft Excel 2007, isi perintah-perintah ikon menu
kontrol ini akan muncul saat ikon menu kontrol tersebut diklik, sebagaimana
ditampilkan dalam gambar berikut.
1.
Undo, yang dilambangkan dengan simbol merupakan perintah
yang digunakan untuk membatalkan perintah yang terakhir dilakukan.
2. Repeat Typing (Ctrl+Y),
yang dilambangkan
3. Cut (Ctrl+X) yang
berlambagkan , merupakan perintah yang digunakan untuk memotong sebagian atau seluruh data (nilai, rumus,
hyperlink, komentar) dalam range atau sel lain didalam satu lembar kerja atau
antar lembar kerja.
4. Copy (Ctrl+C) yang
disimbolkan dengan , merupakan perintah untuk menyalin (copy) data (nilai, rumus, komentar, hyperlink) dari
satu rang atau sel ke rang atau sel lain di dalam satu lembar kerja atau antar
lembar kerja
5. Paste (Ctrl+V) yang
berlambangkan digunakan untuk mendukung
perintah Cut dan Copy data yang ada di lembar kerja.
6. Paste Special , digunakan
untuk mendukung perintah Cut dan Copy
data yang ada di lembar kerja.
7. Paste as Hyperlink, Fasilitas ini digunakan untuk mendukung perintah Cut dan Copy terhadap
hyperlink pada lembar kerja atau data yang digunakan sebagai hyperlink.
8. Fil yang bersimbolkan , Digunakan
untuk mengisi data pada sel atau range di lembar kerja ke bawah, atas, kanan,
kiri, antara satu sheet ke sheet lain dan mengurukan data dengan cepat.
9. Clear yang berlambangkan , Digunakan
untuk membersihkan atau menhapus semua data (All), format data (formats),
komentar (comments) dan isi data (contents) yang ada di lembar kerja.Delete,
Menhapus data atau memindahkan data pada lembar kerja (sel, range, kolom, dan
baris).
10. Delete Sheet, Fasilitas ini digunakan untuk menghapus sheet pada lembar kerja anda.
11. Move or Cop Sheet, Digunakan untuk memindahkan atau menyalin sheet pada lembar kerja atau
antar lembar kerja.
12. Find (Ctrl+F) yang
disimbolkan dengan, merupakan perintah yang digunakan untuk mencari data
nilai, rumus atau formula, dan komentar pada lembar kerja.
13. Replace (Ctrl+H), fasilitas ini
digunakan untuk mengganti data pada lembar kerja menjadi data baru.
14. Go To (Ctrl+G), merupakan perintah yang digunakan untuk memindahkan letak sel aktif ke sel lain, komentar,
rumus, konstanta dan yang lainnya.
15. Links, Digunakan untuk menampilkan atau mengubah setiap link yang ada di file
aktifyang mencakup nama dan tempat file sumber, data dan tipe.
16. Object, Digunakan untuk mengedit object yang berasal dari insert yang
berhubungan dengan Link (Object, ClipArt) dan lain-lain.
·
Perbedaan Microsoft Ecxel 2003
dengan Microsoft 2007
·
Ekstensi yang ada pada
Microsoft Excel
·
*.xls, merupakan format default Microsoft Excel
sebelum Excel 12. Masih berbasis format BIFF dan dapat menyimpan macro VBA.
·
*.xlt, merupakan format untuk template worksheet
Microsoft Excel sebelum Excel 12. Masih berbasis format BIFF dan dapat
menyimpan macro VBA.
·
*.XML, atau yang disebut sebagai XML Spreadsheet.
Tidak mampu menampung macro VBA.
·
*.xla, merupakan format untuk Excel Add-in sebelum Excel 12.
Masih berbasis format BIFF dan dapat menyimpan macro VBA, mengingat tujuannya
adalah untuk menambahkan kemampuan Microsoft Excel.
·
*.xlsx, merupakan format default worksheet Microsoft
Excel 12, yang telah berbasis XML. Tidak dapat menyimpan macro VBA,
karena alasan keamanan. Sebenarnya merupakan sebuah arsip terkompres berformat ZIP dengan struktur
dokumen yang terdiri atas dokumen teks XML. Adalah pengganti dari format .xls
yang kuno.
·
*.xlsm, merupakan format worksheet Microsoft Excel
12, yang telah berbasis XML, tapi dapat menyimpan macro VBA.
·
*.xlsb, merupakan format worksheet Microsoft Excel
12, yang telah berbasis XML, tapi dikodekan dalam bentuk biner. Format ini memiliki keunggulan lebih kepat dibuka dan
lebih efisien, mengingat tujuan dibuatnya format ini adalah untuk menangani worksheet
yang sangat besar yang terdiri atas puluhan ribu baris atau ratusan kolom.
·
*.xltm, merupakan format untuk template worksheet
Microsoft Excel 12, yang telah berbasis XML tapi mampu menyimpan macro
VBA. Merupakan pengganti dari format *.xlt.
·
*.xlam, merupakan format untuk Excel Add-in untuk
menambah kemampuan Excel 12. Secara default mampu menangani macro
VBA, mengingat tujuannya adalah menambahkan kemampuan Excel.
·
Study Kasus
Study
kasus yang akan dibahas pada menu edit Ms. Excel 2003 dan 2007 adalah fungsi-fungsi yang belum
diketahui, salah satunya adalah Paste Special... (baca : paste spesial). Bisa
kita temukan dengan cara klik kanan pada cell kemudian memilih Paste Special. Kali
ini membahas manfaat Multiply pada bagian Operation. Contoh
kasusnya seperti ini :
Mungkin Anda pernah meminta data dalam ribuan namun client memberikan data dalam format satuan. Padahal datanya ada ribuan... Anda pasti akan merasa kesal. Hmm...jangan merasa kesal dahulu, karena ternyata excel telah menyediakan fungsinya untuk memudahkan pekerjaan tersebut.
Caranya adalah :
Mungkin Anda pernah meminta data dalam ribuan namun client memberikan data dalam format satuan. Padahal datanya ada ribuan... Anda pasti akan merasa kesal. Hmm...jangan merasa kesal dahulu, karena ternyata excel telah menyediakan fungsinya untuk memudahkan pekerjaan tersebut.
Caranya adalah :
1.
Ketik angka 1000 pada kolom yang lain
2.
Copy kolom tersebut
3.
Kemudian blok angka yang akan dijadikan dalam ribuan
4.
Klik kanan> Paste Special... pilih multiply (baca :
mengalikkan)
5.
Seharusnya sekarang sudah
dalam format ribuan
Sekilas fungsi paste spesial
yang ada di excel, Anda juga bisa mencoba-coba fungsi yang lain. Semoga bermanfaat.
Menu
edit membantu kita lebih cepat dalam menyalin, memindahkan, menghapus, dan
menampilkan suatu tulisan. Menu edit dapat megembalikan kejadian yang telah
terjadi. Seperti namanya yaitu edit, sehingga perintah yang ditampilakan pada
menu edit yaitu untuk membantu mengedit tulisan pada Microsoft Excel.
Sebagian
besar menu edit yang ada di ms excel
2003 digabungkan pada menu-menu lain di Microsoft
Excel 2007 menjadi satu menu di home. Tetapi ada beberapa
icon yang ada di ribbon, dan satu icon berada di office button. Di Microsoft Excel 2007 peletakkan iconnya tidak
berurutan, tidak seperti di Microsoft
Excel 2003 yang berurutan.
Menu edit pada Microsoft Excel 2007
memang sudah lebih mudah digunakan dibanding Microsoft Excel 2003, tetapi harus lebih
dikembangkan lagi agar lebih praktis digunakan. Menu edit yang ada di Microsoft Excel harus
ditambah lagi dengan inovasi yang terbaru.
DAFTAR PUSTAKA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar