Jumat, 30 November 2012

EXCEL-MENU EDIT



MICROSOFT EXCEL – MENU EDIT

Microsoft Excel merupakan program dari Microsoft Office yang dikhususkan untuk pengolahan lembar kerja (worksheet) atau biasa dikenal dengan istilah spreadsheet program. Microsoft Excel adalah General Purpose Electronic Spreadsheet yang bekerja dibawah Sistem Operasi Windows. Microsoft Excel dapat digunakan untuk menghitung angka-angka, bekerja dengan daftar data, dan menganalisa data-data serta mempresentasikannya ke dalam bentuk grafik/diagram.
Program pengolah kata Microsoft Excel memiliki Sembilan menu yang terdapat bar atau baris menu. Kesembilan menu itu: File, Edit, View, Insert, Format, Tools, Data, Window, dan Help. Masing-masing menu memiliki submenu perintah yang masing-masing sub perintah tersebut memiliki fungsi tersendiri.

·         Menu Edit
Ø  Undo AutoFormat (Ctrl+Z)

Digunakan untuk membatalkan perintah yang terakhir dilakukan atau mengembalikan keadaan seperti semula sebelum di rubah.
Ø  Repeat Typing (Ctrl+Y)
Digunakan untuk mengulangi perintah terakhir yang pernah dibatalkan dengan perintah undo.
Ø  Cut (Ctrl+X)

Digunakan untuk memotong sebagian atau seluruh data (nilai, rumus, hyperlink, komentar) dalam range atau sel lain didalam satu lembar kerja atau antar lembar kerja
Ø  Copy (Ctrl+C)

Digunakan untuk menyalin (copy) data (nilai, rumus, komentar, hyperlink) dari satu rang atau sel ke rang atau sel lain di dalam satu lembar kerja atau antar lembar kerja.
Ø  Paste (Ctrl+V)
Fasilitas ini digunakan untuk mendukung perintah Cut dan Copy data yang ada di lembar kerja.
Ø  Paste Special

Fasilitas ini juga digunakan untuk  mendukung perintah Cut dan Copy data yang ada di lembar kerja.
Ø  Paste as Hyperlink
Fasilitas ini digunakan untuk mendukung perintah Cut dan Copy terhadap hyperlink pada lembar kerja atau data yang digunakan sebagai hyperlink.
Ø  Fill
Digunakan untuk mengisi data pada sel atau range di lembar kerja ke bawah, atas, kanan, kiri, antara satu sheet ke sheet lain dan mengurukan data dengan cepat.
Ø  Clear
Digunakan untuk membersihkan atau menhapus semua data (All), format data (formats), komentar (comments) dan isi data (contents) yang ada di lembar kerja.Delete, Menhapus data atau memindahkan data pada lembar kerja (sel, range, kolom, dan baris).
Ø  Delete Sheet
Fasilitas ini digunakan untuk  menghapus sheet pada lembar kerja anda.
Ø  Move or Cop Sheet
Digunakan untuk memindahkan atau menyalin sheet pada lembar kerja atau antar lembar kerja.
Ø  Find (Ctrl+F)
Fasilitas ini digunakan untuk mencari data nilai, rumus atau formula, dan komentar pada lembar kerja.
Ø  Replace (Ctrl+H)
Fasilitas ini digunakan untuk mengganti data pada lembar kerja menjadi data baru.
Ø  Go To (Ctrl+G)
Digunakan untuk memindahkan letak sel aktif ke sel lain, komentar, rumus, konstanta dan yang lainnya.
Ø  Links
Digunakan untuk menampilkan atau mengubah setiap link yang ada di file aktifyang mencakup nama dan tempat file sumber, data dan tipe.
Ø  Object
Digunakan untuk mengedit object yang berasal dari insert yang berhubungan dengan Link (Object, ClipArt) dan lain-lain.

·      Penjelasan Menu Edit pada Microsoft Excel 2007
Icon Menu Control
Ikon menu kontrol Microsoft Excel 2007 sangat berbeda dengan Microsoft Excel 2003 yang hanya berisi intruksi-intruksi untuk mengubah posisi jendela. Dalam Microsoft Excel 2007, isi perintah-perintah ikon menu kontrol ini akan muncul saat ikon menu kontrol tersebut diklik, sebagaimana ditampilkan dalam gambar berikut.
1.      Undo, yang dilambangkan dengan simbol merupakan perintah yang digunakan untuk membatalkan perintah yang terakhir dilakukan.
2.      Repeat Typing (Ctrl+Y), yang dilambangkan
3.      Cut (Ctrl+X) yang berlambagkan , merupakan perintah yang digunakan untuk memotong sebagian atau seluruh data (nilai, rumus, hyperlink, komentar) dalam range atau sel lain didalam satu lembar kerja atau antar lembar kerja.
4.      Copy (Ctrl+C) yang disimbolkan dengan , merupakan perintah untuk menyalin (copy) data (nilai, rumus, komentar, hyperlink) dari satu rang atau sel ke rang atau sel lain di dalam satu lembar kerja atau antar lembar kerja
5.      Paste (Ctrl+V) yang berlambangkan digunakan untuk mendukung perintah Cut dan Copy data yang ada di lembar kerja.
6.      Paste Special ,  digunakan untuk  mendukung perintah Cut dan Copy data yang ada di lembar kerja.
7.      Paste as Hyperlink, Fasilitas ini digunakan untuk mendukung perintah Cut dan Copy terhadap hyperlink pada lembar kerja atau data yang digunakan sebagai hyperlink.
8.      Fil yang bersimbolkan , Digunakan untuk mengisi data pada sel atau range di lembar kerja ke bawah, atas, kanan, kiri, antara satu sheet ke sheet lain dan mengurukan data dengan cepat.
9.      Clear yang berlambangkan , Digunakan untuk membersihkan atau menhapus semua data (All), format data (formats), komentar (comments) dan isi data (contents) yang ada di lembar kerja.Delete, Menhapus data atau memindahkan data pada lembar kerja (sel, range, kolom, dan baris).
10.  Delete Sheet, Fasilitas ini digunakan untuk  menghapus sheet pada lembar kerja anda.
11.  Move or Cop Sheet, Digunakan untuk memindahkan atau menyalin sheet pada lembar kerja atau antar lembar kerja.
12.  Find (Ctrl+F) yang disimbolkan dengan, merupakan perintah yang  digunakan untuk mencari data nilai, rumus atau formula, dan komentar pada lembar kerja.
13.  Replace (Ctrl+H), fasilitas ini digunakan untuk mengganti data pada lembar kerja menjadi data baru.
14.  Go To (Ctrl+G), merupakan perintah yang digunakan untuk memindahkan letak sel aktif ke sel lain, komentar, rumus, konstanta dan yang lainnya.
15.  Links, Digunakan untuk menampilkan atau mengubah setiap link yang ada di file aktifyang mencakup nama dan tempat file sumber, data dan tipe.

16.  Object, Digunakan untuk mengedit object yang berasal dari insert yang berhubungan dengan Link (Object, ClipArt) dan lain-lain.

·          Perbedaan Microsoft Ecxel 2003 dengan Microsoft 2007
·          Ekstensi yang ada pada Microsoft Excel
·      *.xls, merupakan format default Microsoft Excel sebelum Excel 12. Masih berbasis format BIFF dan dapat menyimpan macro VBA.
·   *.xlt, merupakan format untuk template worksheet Microsoft Excel sebelum Excel 12. Masih berbasis format BIFF dan dapat menyimpan macro VBA.
·      *.XML, atau yang disebut sebagai XML Spreadsheet. Tidak mampu menampung macro VBA.
·      *.xla, merupakan format untuk Excel Add-in sebelum Excel 12. Masih berbasis format BIFF dan dapat menyimpan macro VBA, mengingat tujuannya adalah untuk menambahkan kemampuan Microsoft Excel.
·      *.xlsx, merupakan format default worksheet Microsoft Excel 12, yang telah berbasis XML. Tidak dapat menyimpan macro VBA, karena alasan keamanan. Sebenarnya merupakan sebuah arsip terkompres berformat ZIP dengan struktur dokumen yang terdiri atas dokumen teks XML. Adalah pengganti dari format .xls yang kuno.
·      *.xlsm, merupakan format worksheet Microsoft Excel 12, yang telah berbasis XML, tapi dapat menyimpan macro VBA.
·      *.xlsb, merupakan format worksheet Microsoft Excel 12, yang telah berbasis XML, tapi dikodekan dalam bentuk biner. Format ini memiliki keunggulan lebih kepat dibuka dan lebih efisien, mengingat tujuan dibuatnya format ini adalah untuk menangani worksheet yang sangat besar yang terdiri atas puluhan ribu baris atau ratusan kolom.
·      *.xltm, merupakan format untuk template worksheet Microsoft Excel 12, yang telah berbasis XML tapi mampu menyimpan macro VBA. Merupakan pengganti dari format *.xlt.
·      *.xlam, merupakan format untuk Excel Add-in untuk menambah kemampuan Excel 12. Secara default mampu menangani macro VBA, mengingat tujuannya adalah menambahkan kemampuan Excel.

·          Study Kasus
Study kasus yang akan dibahas pada menu edit Ms. Excel 2003 dan 2007 adalah fungsi-fungsi yang belum diketahui, salah satunya adalah Paste Special... (baca : paste spesial). Bisa kita temukan dengan cara klik kanan pada cell kemudian memilih Paste Special. Kali ini membahas manfaat Multiply pada bagian Operation. Contoh kasusnya seperti ini :
Mungkin Anda pernah meminta data dalam ribuan namun client memberikan data dalam format satuan. Padahal datanya ada ribuan... Anda pasti akan merasa kesal. Hmm...jangan merasa kesal dahulu, karena ternyata excel telah menyediakan fungsinya untuk memudahkan pekerjaan tersebut.
Caranya
adalah :
1.                  Ketik angka 1000 pada kolom yang lain
2.                  Copy kolom  tersebut
3.                  Kemudian blok angka yang akan dijadikan dalam ribuan
4.                  Klik kanan> Paste Special... pilih multiply (baca : mengalikkan)
5.                  Seharusnya sekarang sudah  dalam format ribuan
Sekilas fungsi paste spesial yang ada di excel, Anda juga bisa mencoba-coba fungsi yang lain. Semoga bermanfaat.

Menu edit membantu kita lebih cepat dalam menyalin, memindahkan, menghapus, dan menampilkan suatu tulisan. Menu edit dapat megembalikan kejadian yang telah terjadi. Seperti namanya yaitu edit, sehingga perintah yang ditampilakan pada menu edit yaitu untuk membantu mengedit tulisan pada Microsoft Excel.
Sebagian besar menu edit yang ada di ms excel  2003 digabungkan pada menu-menu lain di Microsoft Excel 2007 menjadi satu menu di home. Tetapi ada beberapa icon yang ada di ribbon, dan satu icon berada di office button. Di Microsoft Excel 2007 peletakkan iconnya tidak berurutan, tidak seperti di Microsoft Excel 2003 yang berurutan.
Menu edit pada Microsoft Excel 2007 memang sudah lebih mudah digunakan dibanding Microsoft Excel 2003, tetapi harus lebih dikembangkan lagi agar lebih praktis digunakan. Menu edit yang ada di Microsoft Excel harus ditambah lagi dengan inovasi yang terbaru.

DAFTAR PUSTAKA


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar