Senin, 05 November 2012

Mensosialisasikan Koperasi ke Masyarakat



MENSOSIALISASIKAN KOPERASI KE MASYARAKAT
Kita sudah mengetahui akan pentingnya koperasi bagi masyarakat yang memiliki tujuan untuk mewujudkan kesejahteraan anggota pada khususnya dan masyarakat pada umumnya, serta turut membangun tatanan perekonomian nasional dalam rangka mewujudkan masyarakat yang maju, adil dan makmur berdasarkan pancasila dan UUD 1945. Tentu tujuan ini sangat baik bagi semua orang, maka dari itu koperasi memiliki arti penting dalam masyarakat. Dan kita juga mengetahui akan kurangnya kesadaran masyarakat akan koperasi, maka dari itu kita harus mensosialisasikan koperasi ke masyarakat agar masyarakat dapat paham dan mengerti akan pentingnya koperasi. Bagaimana mensosialisasikan koperasi ke masyarakat? Ini akan kita bahas, sehingga dengan kita mensosialisasikan koperasi ke masyarakat akan berdampak baik untuk masyarakat dan koperasi untuk kedepannya.
Mungkin saja bisa kita awali dengan menjelaskan pentingnya pokok dan simpanan wajib sebagai sumber modal utama koperasi, sehingga pada akhirnya masyarakat yang menjadi anggota koperasi dapat lebih mengerti dan dapat lebih memahami mengenai kewajibannya untuk mempunyai anggran dasar dan anggran rumah tangga yang berasal dari simpanan pokok tersebut yang nantinya akan berguna untuk kepentingan kita bersama dan bagi setiap anggota koperasi. Selain itu kita juga harus menjelaskan prinsip-prinsip koperasi, sehingga dapat memotivasi kembali masyarakat agar dapat ikut serta berpartisipasi dalam kegiatan usaha yang diselenggarakan oleh koperasi dalam upaya mempertinggi kualitas dan kehidupan masyarakatnya.
Selain itu, kita dapat menjelaskan apa saja fungsi dan peranan koperasi kepada masyarakat. Sehingga pada akhirnya masyarakat mengetahui fungsi dan peran koperasi dengan benar. Karena dalam sosialisasi ini, bertujuan agar masyarakat mempunyai tanggapan yang menark mengenai apa yang mereka peroleh dari pembentukan koperasi itu sendiri dan memiliki tanggapan yang menarik tentang apa yang mereka peroleh jika menjadi anggota koperasi. Dari tanggapan tersebut yang kita lakukan kemudian adalah menjelaskan mengenai cara mendirikan koperasi yang terdiri dari beberapa tahap yaitu:
·         Mengumplkan anggota minimal 20 ( dua puluh ) anggota
·         Para anggota melakukan rapat anggota untuk melakukan pemilihan pengurus koperasi
·         Koperasi kemudian merencanakan anggaran dasar dan anggaran rumah tangganya.
·         Meminta perizinan dari Negara untuk membuka usaha koperasi
Dan barulah kita bisa menjalankan koperasi dengan baik dan benar. Dengan harapan hasil sosialisasi ini telah meningkatkan minat masyarakat untuk mendirikan kembali sebuah koperasi. Namun kendalanya saat ini adalah kurangnya waktu untuk membantu masyarakat mendirikan koperasi dalam waktu singkat.
            Jika saja pemerintah memiliki waktu untuk menyelesaikan masalah koperasi dan memperkenalkan koperasi lebih mendalam ke masyarakat, maka koperasi akan tetap bangkit sampai saat ini. Dan andai saja masyarakat dapat memahami arti penting dari koperasi, serta ikut berpartisipasi dalam usaha koperasi mungkin sampai saat ini koperasi akan berjalan dengan lancar. Jika koperasi dapat berkembang dengan baik dan sehat sejak awal, maka untuk mensosialisasikan koperasi ke masyarakat akan lebih mudah dikemudian hari. Karena mensosialisasikan suatu usaha tidaklah mudah seperti membalikan telapak tangan begitu saja. Mensosialisasikan koperasi kepada masyarakat haruslah dengan persiapan yang baik dan benar, karena dengan persiapan yang baik dan benar akan berdampak baik disaat mensosialisasikan koperasi ke masyarakat.
            Sebagaimana seperti suatu barang yang akan disosialisasikan oleh perusahaan, tentu membutuhkan waktu, persiapan yang matang, dan memberikan keyakinan akan barang yang kita produksi sehingga masyarakat dapat mengerti dan mengetahui akan barang yang kita tawarkan. Hal ini sama saja dengan mensosialisasikan suatu koperasi ke masyarakat, tentu membutuhkan waktu, persiapan yang matang dan memberikan keyakinan akan manfaat didirikannya koperasi sehingga masyarakat dapat tertarik dan ikut serta dalam usaha koperasi tersebut. Mensosialisasikan koperasi ke masyarakat dapat dilakukan dengan banyak cara seperti berikut ini:
·         Iklan di Televisi
Mensosialisasikan koperasi ke masyarakat dapat dilakukan dengan menggunakan jasa iklan di televisi. Karena kita pun sudah mengetahui akan televisi yang sudah berkembang seiring berkembangnya globalisasi di dunia ini. Tentu saja masyarakat memiliki televisi, dan iklan di televisi memungkinkan masyarakat akan selalu melihat iklan koperasi yang memberikan dampak positif dari para penonton yang sedang melihat televisi tersebut. Di dalam iklan tersebut, harus ada yang menjelaskan keuntungan dalam mendirikan koperasi. Selain itu harus ada penjelasan mengenai keuntungan sebagai anggota koperasi, sehingga masyarakat dapat tertarik untuk ikut bergabung dalam koperasi.
·         Spanduk Koperasi di Sepanjang Jalan
Mensosialisasikan koperasi ke masyarakat dapat dilakukan dengan memajangkan spanduk mengenai koperasi di sepanjang jalan. Karena kita pun mengetahui akan berkembangnya globalisasi di dunia ini, sehingga kita diharuskan untuk lebih berkembang dalam mensosialisasikan koperasi. Seperti yang kita ketahui bahwa umur masyarakat habis diperjalanan, karena yang kita ketahui macet adalah faktor utama masyarakat yang berlama-lama di sepanjang jalan. Karena itulah mensosialisasikan koperasi dapat pula dengan menggunakan spanduk koperasi di sepanjang jalan, sehingga masyarakat yang terjebak macet berkemungkinan besar memiliki waktu yang banyak untuk dapat membaca spanduk mengenai koperasi sambil menunggu kemacetan yang terjadi disaat itu. Dan di spanduk tersebut harus kita cantumkan tujuan dan manfaat koperasi ke masyarakat tersebut. Hal tersebut diharapkan dapat berjalan secara efisien seperti yang kita harapkan.
·         Penyebaran Brousur-Brousur mengenai Koperasi
Mensosialisasikan koperasi ke masyarakat dapat dilakukan dengan penyebaran brousur-brousur mengenai koperasi. Kita tentu sering sekali menerima brousur-brousur belanjaan, rumah, motor dan lain sebagainya. Tetapi kalian tidak pernah mendapatkan brousur mengenai koperasi, entah karena memang koperasi tidak pernah membuat brousur-brousur ataukah memang kita yang tidak mengetahui bahwa koperasi telah menyebarkan brousur. Dengan brousur ini, diharapkan masyarakat dikalangan bawah dapat membaca dan mengetahui apa yang dimaksud dengan koperasi itu sendiri dan apa saja manfaat dan keuntungannya sebagai anggota koperasi.
·         Diadakannya Seminar Tentang Koperasi
Mensosialisasikan koperasi ke masyarakat dapat dilakukan dengan cara diadakannya seminar mengenai koperasi. Dengan seminar ini, diharapkan dapat menjelaskan pengertian koperasi, tujuan koperasi, manfaat mendirikan koperasi dan lain-lainnya. Seminar dapat memberikan motivasi kepada para peserta yang hadir, sehingga disaat seminar selesai maka mereka dapat memahami koperasi. Dan dengan seminar, maka masyarakat mendapatkan tambahan ilmu mengenai koperasi. Dan semoga saja setelah mengikuti seminar mengenai koperasi, peserta dapat turut serta mengembangkan koperasi saat ini.
·         Iklan Koperasi Melalui Radio
Mensosialisasikan koperasi ke masyarakat dapat dilakukan dengan jasa radio. Dengan radio ini, diharapkan masyarakat dapat mendengarkan pentingnya koperasi. Walaupun kita juga mengetahui bahwa pada saat globalisasi seperti ini, media seperti radio sangat kurang sekali diminati oleh masyarakat. Tetapi tidak menutup kemungkinan bahwa tentu ada beberapa masyarakat yang masih setia menggunakan jasa radio. Dengan ini tidak menutup kemungkinan untuk mensosialisasikan koperasi melalui jasa radio. Karena lebih baik kita berusaha terlebih dahulu, daripada kita menyerah dari awal. Karena jika kita tidak berusaha, maka kita tidak akan pernah mencapai sesuatu yang kita inginkan dan kita harapkan.
·         Pembelajaran Koperasi Sejak Dini
Mensosialisasikan koperasi ke masyarakat dapat dilakukan dengan pembelajaran koperasi sejak dini. Maksudnya disini yaitu sejak Sekolah Dasar, kita harus sudah dikenalkan dengan koperasi. Karena koperasi sekolah yang saya ketahui semakin tidak terurus oleh sekolah, justru yang ramai disaat istirahat tiba adalah kantin dibandingkan koperasi. Hal ini sangat disayangkan sekali, yang seharusnya para siswa dapat meramaikan koperasi disaat istirahat tiba, justru hal tersebut tidak terjadi sesuai yang kita inginkan. Dengan memperkenalkan koperasi sejak Sekolah Dasar, mengharapkan agar dikemudian hari penerus-penerus bangsa sudah memahami lebih mendalam tentang koperasi. Sehingga dimasa mendatang koperasi dapat berjalan dan berkembang dengan baik.
·         Mendirikan Koperasi Disetiap Sekolah
Mensosialisasikan koperasi ke masyarakat dapat dilakukan dengan didirikannya koperasi disetiap sekolah, hal ini bertujuan untuk mengajarkan sejak awal mengenai koperasi. Dengan kegiatan yang biasa dilakukan, akan berdampak menjadi sebuah kebiasaan. Dengan melakukan kegiatan pembelanjaan dikoperasi, diharapkan untuk kemudian hari akan menjadi terbiasa untuk berbelanja dikoperasi. Tentu hal ini berdampak baik bagi kelangsungan koperasi.
·         Mendirikan Koperasi Dibanyak Tempat
Mensosialisasikan koperasi ke masyarakat dapat dilakukan dengan mendirikan koperasi dibanyak tempat, dengan maksud masyarakat tidak ada yang memiliki alasan bahwa tidak ke koperasi dikarenakan koperasi jauh dan tempatnya tidak terjangkau dengan rumah masyarakat. Dengan mendirikan koperasi ditempat yang strategis dengan wilayah masyarakat, diharapkan koperasi akan selalu dikunjungi oleh masyarakat setempat. Dan tentu hal ini akan menguntungkan koperasi dan masyarakat merasa terbantu dengan koperasi yang dekat dengan rumah. Apalagi jika koperasi menjual dengan harga yang harga yang murah, hal tersebut sangat membantu dalam mensosialisaikan koperasi.
·         Mempromosikan Koperasi di Setiap Kelurahan
Mensosialisasikan koperasi ke masyarakat dapat dilakukan dengan mempromosikan koperasi di setiap kelurahan, hal ini diharapkan agar disetiap kelurahan memiliki koperasi tersendiri. Dengan mendirikan koperasi di setiap kelurahan, maka kita sudah melakukan perkembangan terhadap koperasi. Dan akan lebih baik lagi jika koperasi dapat didirikan di setiap Rukun Tetangga ( RT ), sehingga masyarakat sekitar dapat memiliki jangkauan untuk datang ke koperasi. Dan setiap bulan, harus diadakan pemantauan terhadap koperasi-koperasi, sehingga kita dapat mengetahui bahwa masyarakat yang ikut serta dalam perkembangan koperasi meningkat ataukah sama saja seperti biasanya. Jika kelurahan menginginkan hal yang lebih seru dari pada biasanya, dapat pula dilakukan pemberian penghargaan atau hadiah untuk masyarakatnya jika saja ada koperasi yang dapat berkembang dengan pesat dan baik. Hal ini diharapkan agar masyarakat dapat tertarik untuk mengembangkan koperasi di sekitarnya.
            Mensosialisasikan koperasi memanglah tidak semudah seperti membalikan telapak tangan, tetapi untuk mewujudkannya tentu ada kemungkinan besar. Dan peluang untuk mengembangkan koperasi sangat terbuka lebar apabila pihak-pihak yang terlibat memang orang-orang yang bertanggung jawab dalam pendirian dan perkembangan koperasi untuk menjadi lebih baik. Jika para pendiri koperasi memang memiliki niat dan tekat yang kuat untuk memperbaiki koperasi di Indonesia, maka hal tersebut sangatlah mudah untuk dicapai. Karena yang kita ketahui adalah koperasi berasaskan kekeluargaan, jika para pendiri koperasi memiliki niat dan tekat untuk memperbaiki koperasi di Indonesia, maka hal tersebut tidaklah mustahil untuk dapat tercapai.
            Mungkin sekiranya sampai disini pendapat saya mengenai pembahasan kita tentang bagaimana mensosialisasikan koperasi ke masyarakat. Mohon maaf apabila terdapat kesalahan penulisan, dan mohon maaf apabila pendapat saya yang tidak berkenan dihati pembaca. Sekian dari saya dan saya ucapkan terimakasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar